Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Bayangkan dengan membuat lubang sebesar 10 cm dengan kedalaman 1 m, kita bisa membuat daerah resapan air yang dapat berfungsi untuk mencegah banjir, mencegah tanah longsor, menjadi sumber air untuk hewan.

Aku kira membuat lubang ini sangat mudah, ternyata susah karena harus mengerahkan seluruh tenaga. Sebenarnya membuat lubang ini ada triknya

Caranya pertama-tama, kita kasih air ke tanah yang akan kita lubangi, tatapi jangan terlalu banyak. Lalu kita putar alat bioporinya ke kanan sampai mata bornya penuh dengan tanah dan kita angkat alatnya. Setelah itu, kita bersihkan mata bor dari tanah dengan bambu yang kecil dan tajam. Lakukan prosedur di atas hingga kedalaman lubang mencapai 1 m.

Sebelum lomba kami diberi penjelasan bagaimana caranya membuat biopori. Lalu kami sekeluarga langsung membagi tugas. Aku bertugas untuk mengambil air, dan adikku bertugas memutar alat biopori, mamiku bertugas untuk membersihkan mata bor dari tanah.

Setelah lomba selesai kami lalu makan terlebih dulu, setelah itu kami lalu langsung ke aula B untuk seminar, tetapi khusus anak-anak ada lomba di lapangan. Aku dan keluargaku menang lomba kuisnya. Lalu kami diberi sepasang sarung tangan dan alat untuk bercocok tanam.

Kegiatan ini perlu diadakan kembali karena manfaatnya sangat bagus

(Sharon Regina 8D)

Leave a Reply

*

WhatsApp chat