Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Athalia Cup 1 akan diselenggarakan sebentar lagi. Selain sebagai ajang pertandingan olah raga antar siswa SMP, sebenarnya, hal penting apakah yang mendasari kegiatan semacam ini perlu untuk diselenggarakan?

Olah raga, selain sebagai sarana untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, juga dapat dijadikan media yang efektif untuk pembentukan karakter dan kepribadian siswa. Di dalam kode fair play olah raga, terkandung makna bahwa pertandingan olah raga haruslah dijiwai dengan semangat kejujuran dan tunduk aturan. Misalnya dalam bermain tidak melakukan kecurangan dengan melakukan banyak pelanggaran yang disengaja agar bisa menang. Menjunjung tinggi sportivitas dan menghormati keputusan wasit/ juri. Jika memang dinyatakan salah oleh wasit, menerimanya dengan lapang dada dan mengusahakan untuk tidak terulang, menerima kekalahan dengan ksatria. Menghargai lawan, baik di dalam maupun di luar pertandingan dengan tetap bermain dengan baik dan tidak saling menyulut pertengkaran dan permusuhan.

Singkatnya, dalam olah raga, terkandung dimensi nilai dan perilaku positif yang multidimensional, seperti sikap sportif dan kejujuran seperti yang telah dijelaskan di atas; saling mendukung dan membantu, saling berbagi, kerja sama, saling percaya di mana dalam sebuah tim yang kompak dan berhasil dalam permainan senantiasa dituntut nilai-nilai tersebut. Semangat kompetitif juga nilai yang ditingkatkan karena tanpanya tentu siswa tidak akan punya keinginan untuk menang atau menjadi juara dalam pertandingan. Sikap antusias, yang berarti tetap bersemangat bertanding meskipun ada kendala atau rintangan yang tidak terduga terkadang muncul. Sikap optimis, juga merupakan nilai yang ditanamkan pada siswa meskipun mungkin lawan terlihat sangat tangguh, tapi tetap percaya bahwa yang terpenting adalah telah memberikan upaya terbaik. Penuh inisiatif, karena tanpa nilai tersebut, pertandingan akan sulit untuk dimenangkan. Kemampuan mengambil keputusan dengan cepat, terutama ketika sedang dikepung lawan dan perlu dengan cepat memutuskan tindakan apa yang perlu dilakukan, bertahan atau melakukan penyerangan. Kegigihan, yang artinya pantang menyerah dan tetap berusaha semaksimal mungkin sebagai tim hingga pertandingan selesai.

Efektifnya olah raga sebagai media pembentukan karakter adalah terletak pada nilai-nilai yang langsung diterapkan ke dalam perilaku terutama selama bertanding.

Athalia Cup 1

Leave a Reply

*

WhatsApp chat