Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Bingung memilih jurusan di sekolah? Atau bingung mau pilih jurusan apa saat kuliah? Saat ini, banyak siswa yang lebih memilih jurusan yang bersifat ilmu aplikatif dan bukan ilmu dasar. Pertimbangannya tentu lebih kepada kemungkinan masa depan. Ilmu-ilmu murni seperti MIPA (Ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) biasanya sedikit peminatnya. Hal ini mungkin karena belum sepenuhnya menyadari manfaat dari mempelajari ilmu dasar atau ilmu murni. Dibandingkan ilmu terapan yang mungkin dianggap lebih aplikatif, ilmu dasar sebenarnya juga sangat diperlukan untuk memperkuat riset.

Banyak bidang-bidang kehidupan dan industri yang membutuhkan para ahli ilmu dasar untuk memperkuat dan mengembangkan riset. Riset yang baik sangat penting untuk menjadi dasar berbagai keputusan penting yang perlu diambil dalam mengembangkan kehidupan. Perusahaan besar dan penting seperti Pertamina, misalnya, sangat memerlukan para lulusan MIPA untuk memperkuat riset dalam hal pertambangan dan perminyakan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengeboran, mesin-mesin pengilangan, proses pemasakan sumber daya alam, dan sebagainya.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional Faisal Jalal, seperti dipetik Kompas, 8 September 2011, mengatakan bahwa minat masyarakat terhadap bidang studi MIPA perlu ditingkatkan. Aplikasinya di sekolah-sekolah dapat dilakukan dengan meningkatkan dan memperbaiki sarana praktikum dan pengadaan laboratorium yang memadai serta usaha untuk meningkatkan minat siswa pada ilmu-ilmu MIPA.

Jadi, siswa/siswi Athalia yang memang berminat dan berbakat mendalami ilmu murni, jangan ragu mengembangkan diri dan memilih jurusan ilmu murni di pendidikan tinggi.

By NO Comment 8th September 2011

Leave a Reply

*

pengumuman PSB
WhatsApp chat