Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Penipuan orang tua dengan modus meminta uang biaya perawatan anak yang mengalami kecelakaan masih terus terjadi. Peringatan mengenai sindikat penipuan dengan modus ini telah banyak diberitakan di media-media nasional. Sekolah Athalia juga telah berulang menulis di ALC News dan website. Walau begitu, masih terus terjadi orang tua yang terkaget-kaget saat menerima telepon penipuan ini.

Umumnya sindikat ini menelepon orangtua atau suami/istri dan mengabarkan ada anggota keluarga yang sedang kritis di RS, dan memaksa untuk segera mentransfer sejumlah uang. Untuk meyakinkan si calon korban, sang penipu telah mengantungi sejumlah informasi yang membuat calon korban yakin akan identitas samaran si penipu, dan tidak sadar bahwa sedang ditipu. Penipu ini sengaja membuat penerima telepon panik  dan terdesak, dengan tujuan korban tidak sanggup berpikir jernih dan segera melakukan transfer uang.

Sekolah Athalia kembali mengingatkan mengenai hal-hal berikut:
Bila siswa mengalami kecelakaan di Sekolah, maka pihak Sekolah akan segera memberitahu orangtua/wali NAMUN tidak akan membuat orangtua panik/terdesak.
Seluruh siswa Athalia dilindungi asuransi, karena itu Sekolah TIDAK AKAN meminta orangtua mentransfer uang.
Bila kecelakaan yang menimpa siswa membutuhkan biaya yang melebihi plafon asuransi, maka hal tersebut akan dibicarakan langsung dengan orangtua/wali setelah tiba di RS.
Komunikasi sangat penting. Mohon orangtua melakukan konfirmasi ulang ke Sekolah atau langsung ke RS/institusi yang bersangkutan. Sebaiknya tidak menggunakan line telepon yang dipakai penipu untuk menelpon Bapak/Ibu. Misalnya jika penelpon menghubungi lewat nomor telepon rumah, maka gunakan nomor ponsel atau nomor telepon lainnya untuk melakukan telepon konfirmasi karena bisa jadi nomor telepon yang dihubungi oleh penjahat sudah dibajak oleh penjahat tersebut sehingga ketika akan menepon ke mana pun akan selalu terhubung ke nomor telepon si penjahat.
Komunitas Athalia dibangun untuk saling membantu. Ketika mengalami hal yang di luar dugaan, tidak ada salahnya menghubungi sesama anggota komunitas untuk mendapatkan dukungan.

Seluruh data yang diminta saat Penerimaan Siswa Baru atau Daftar Ulang hanya akan digunakan untuk kepentingan yang berkaitan dengan pendidikan siswa yang bersangkutan. Sekolah Athalia tidak akan memberikan data siswa kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Perlu kita ingat bahwa sindikat ini memang lihai dan terampil. Karena itu kita perlu terus waspada. Yang penting jangan panik.  Dalam kondisi apa pun kepanikan tidak membantu, malah akan memperparah keadaan.

Mari kita memperkuat komunitas Athalia agar kita bisa saling membantu, mendukung, mengingatkan, dan sebisa mungkin mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Terima kasih untuk perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu.

Bidang Komunikasi dan Budaya
Sekolah Athalia.

penipuan via telp

By NO Comment 6th February 2012

Leave a Reply

*

WhatsApp chat