Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Kebutuhan darah di Indoneisa saat ini mencapai 4,5 juta kantong per tahun, sedangkan ketersediaan darah di PMI saat ini hanya berkisar 3 jutaan kantong saja tiap tahunnya. Sehingga PMI masih sangat membutuhkan stok darah yang cukup banyak untuk dapat memenuhi kebutuhan akan darah tersebut. Pernahkah terpikir diantara kita untuk juga menjadi seorang pendonor darah? Selain untuk membantu orang yang membutuhkan pertolongan karena kecelakaan, operasi atau serangan penyakit, sebenarnya apa sih manfaat dari melakukan donor darah?

 

Berikut beberapa manfaat dari donor darah:
Menurunkan resiko serangan penyakit jantung
Kandungan zat besi yang terlalu tinggi dan berlebihan dalam darah dapat mengakibatkan serangan jantung. Melakukan donor darah akan membuat kandungan zat besi di dalam darah dapat tetap stabil sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung.
Meningkatkan produksi sel darah merah baru
Berkurangnya sel darah merah akibat melakukan donor darah, akan memicu sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah yang baru, sehingga tubuh senantiasa akan mendapatkan suplai sel darah merah baru yang diproduksi oleh sumsum tulang belakang kita.
Menjaga bentuk tubuh tetap langsing
Donor darah akan membantu tubuh tetap ramping karena donor darah membantu pembakaran di dalam tubuh.
Kondisi kesehatan senantiasa terpantau
Setiap kali akan melakukan donor darah, seorang pendonor akan diperiksa darahnya dari kemungkinan adanya penyakit HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, Sifilis, Malaria, serta beberapa penyakit lainnya, sehingga secara rutin akan selalu terpantau kondisi kesehatannya.
Selain manfaat-manfaat tersebut yang bersifat fisik, dengan melakukan donor darah juga akan membuat hati kita lebih bahagia karena adanya perasaan senang bisa membantu orang lain yang benar-benar memerlukan, bahkan mungkin bisa menyelamatkan nyawa seseorang.

Lalu, siapa saja yang bisa melakukan donor darah? Apa saja syarat-syaratnya? Untuk bisa melakukan donor darah, berikut syarat-syaratnya:

  • Calon pendonor harus berusia 17-60 tahun.
  • Berat badan minimal 50 kg.
  • Kadar hemoglobin >12,5 gr.
  • Tekanan darah 100-150 (sistole) dan 70-100 (diastole).
  • Menandatangani formulir pendaftaranan.
  • Tidak mengalami gangguan pada pembekuan darah.
  • Lulus pengujian kondisi berat badan, hemoglobin, golongan darah, dan pemeriksaan oleh dokter.
  • Untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah, calon donor tidak boleh dalam kondisi atau menderita sakit seperti alkoholik, penyakit hepatitis, diabetes militus, epilepsi, atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa; baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari; pernah menerima transfusi kurang dari setahun; begitu juga untuk yang belum setahun menato, menindik, atau akupunktur; hamil; atau sedang menyusui.

(sumber: http://id.wikipedia.org)

 


 AKSI DONOR DARAH DI SEKOLAH ATHALIA

APC (Athalia Parents Community) bekerja sama dengan PMI, akan menyelenggarakan kegiatan donor darah di Sekolah Athalia pada:

Sabtu, 6 Oktober 2012
pukul 09.00
bertempat di gedung SD Athalia.

Bagi yang ingin berpartisipasi dalam acara ini sebagai pendonor darah, dapat mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan di kantor PRO (Parent Relations Office) SD dan SMP.

By 2 Comments 21st September 2012
  • yusak hardjono
    5th November 2012

    saya tertarik untuk ikut donor secara rutin.
    beberapa wkt lalu, pernah ikut donor juga di SD athalia, tapi itu beberapa th lalu.
    berencana ikut rutin menjadi salah satu pendonordarah ( bila memenuhi syarat )
    bisa infokan saya by email kalau ada planning donor darah lagi ?
    berharap bisa bergabung unt selanjutnya
    GBU

    Reply
    • admin
      6th November 2012

      Baik, akan kami informasikan jika rencana berikutnya sudah akan direalisasikan. Terima kasih atas partisipasinya. GBU too…

      Reply

Leave a Reply

*

WhatsApp chat