Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Selasa, 16 September 2014 adalah hari yang spesial bagi para siswa dan guru yang berkunjung ke perpustakaan SD maupun SMP/SMA. Ketika memasuki ruang perpustakaan SMP/SMA kita akan langsung melihat perubahan pada warna cat dinding yang tadinya berwarna abu-abu menjadi hijau cerah. Begitu pula halnya dengan langit-langit perpustakaan. Mata kita akan segera tertuju pada foto-foto, gambar, dan paper quilling yang terangkai dengan indahnya menghiasi langit-langit. Pertanyaan pun muncul di benak kita. Ada apa dengan perpustakaan hari ini?
siswa di perpustakaan
Ternyata perpustakaan SD, SMP/SMA sedang memperingati hari berdirinya Perpustakaan Nasional pada 14 September 2014. Hal inilah yang mendasari dimulainya Hari Kunjung Perpustakaan 2014 ini. Meski begitu, hari kunjungan ini juga dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca para siswa. Ruang perpustakaan yang terlihat cerah didekorasi dengan menarik agar para siswa tertarik untuk  membaca buku di perpustakaan.

Sebagian besar foto-foto, gambar, dan paper quilling yang mewarnai perpustakaan sebenarnya adalah hasil karya dari para siswa sendiri. Semuanya dipasang sebagai penghargaan atas kerja keras mereka dalam mengikuti lomba Hari Buku Sedunia di bulan Juni lalu. Para siswa, guru, dan staf yang mengunjungi perpustakaan hari ini ternyata juga mendapat kejutan berupa hadiah snack dan pembatas buku. Masing-masing kemudian diminta untuk membubuhkan tanda tangan di sebuah spanduk besar dan menuliskan kesan serta harapan mereka bagi perpustakaan. Para murid juga terlihat antusias untuk menuliskan tanda tangan dan menerima souvenir dari staf perpustakaan.
siswa di perpustakaan
Semua hal ini dilakukan untuk membuat para murid tertarik kembali ke perpustakaan karena sampai saat ini belum banyak yang menyadari keberadaan perpustakaan. Bu Hana sendiri selaku koordinator perpustakaan mengatakan, “Sampai saat ini masih belum banyak yang tahu ada Hari Kunjung Perpustakaan, maka melalui kegiatan seperti ini juga kami ingin mengenalkan perpustakaan dan menunjukkan keberadaan perpustakaan ini sendiri.” Tak hanya itu Bu Hana juga ingin menyadarkan pentingnya perpustakaan dan memohon kerja sama dari para guru, “Kami berharap semakin banyak orang yang paham fungsinya dan merasakan pentingnya keberadaan perpustakaan. Kerjasama antara perpustakaan dengan guru-guru sangat diperlukan, apalagi murid SMA tidak memiliki jam perpustakaan, semua bisa terjadi berkat kerja sama dari para guru.”

“Kerjasama antara perpustakaan dengan guru-guru sangat diperlukan,..”

Berkaitan dengan hal tersebut, berbagai kegiatan yang mendukung telah direncanakan oleh staf perpustakaan. Pada bulan bahasa di bulan Oktober, perpustakaan akan mengadakan kegiatan bedah buku dan pameran. Kemudian pada Hari Pers Nasional, perpustakaan berencana untuk membuat kegiatan membaca koran bersama dan mendatangkan jurnalis untuk membagikan pengalamannya pada siswa.

siswa di perpustakaanMemang masih ada banyak hal yang harus dilakukan dan dibutuhkan kerja keras dari para staf perpustakaan. Namun, semua kerja keras itu tidak akan sia-sia, “Semua kerja keras kita  terbayar ketika melihat siswa dan guru serta staf punya kesadaran dari dalam dirinya untuk datang berkunjung ke perpustakaan,” kata Bu Hana.

Jadi, sudahkah Anda berkunjung ke perpustakaan hari ini?

(LDS)

By NO Comment , 23rd September 2014

Leave a Reply

*

WhatsApp chat