Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Penuh perhatian dalam bahasa latinnya disebutkan sebagai attente, yang atinya listen carefully. Penuh perhatian adalah sebuah sikap yang serius, memusatkan perhatian, fokus untuk menyimak suatu hal yang penting. Dalam Lukas 8:18, melalui perumpamaan tentang pelita, Yesus menyampaikan bahwa betapa pentingnya kehidupan kita sebagai terang. Makna penting ini harus diperhatikan dengan penuh perhatian. Dikatakan oleh Yesus bahwa konsep penuh perhatian harus diwujudkan dari konsep mendengar yang attentive.

Yesaya 54:3 menyatakan bahwa sikap penuh perhatian adalah sikap yang selalu diminta oleh Allah. Allah meminta agar kita memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk mendengar suaraNya. Ketika kita mendengarNya dengan penuh perhatian, maka kita akan hidup.

Paulus menegaskan di dalam 1Timotius 4:15, bahwa Timotius harus memusatkan perhatiannya kepada ajaran Kitab Suci dan hidup di dalamnya agar ada kemajuan yang nyata.

Dengan demikian sikap yang penuh perhatian bila dilakukan akan memberikan kehidupan, dan kehidupan itu bukan hidup yang biasa-biasa saja melainkan kehidupan yang penuh dengan kemajuan.

 Definisi

Penuh perhatian adalah sikap yang sungguh-sungguh mau mengerti, dengan cara  memusatkan perhatian dan mendengar hal-hal yang baik dan benar.

“Karena itu, perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ia anggap ada padanya.”

Lukas 8:18

Leave a Reply

*

WhatsApp chat