Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Ucapkan Kata-Kata Yang Tepat Di Saat Yang Tepat

  • Perkataan yang tidak tepat yang diucapkan pada saat tidak tepat mengecewakan saya.
  • Perkataan tidak tepat yang diucapkan pada saat tepat membuat saya frustrasi.
  • Perkataan tepat yang diucapkan pada saat tidak tepat membingungkan saya.
  • Perkataan tepat yang diucapkan pada saat tepat membesarkan hati.

Kebanyakan orang-orang menyadari bahwa kata-kata memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun, mengatakan perkataan yang tepat tidaklah cukup. Waktu juga menentukan. Kadang hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk orang lain adalah menahan lidah kita. Saat merasa tergoda untuk memberikan nasihat yang tidak diinginkan, yang bertujuan untuk pamer, untuk berkata, “Saya kan sudah bilang,” atau untuk menunjukkan kesalahan seseorang, maka kebijakan terbaik adalah tidak mengatakan apapun.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita pikirkan agar kita dapat mengatakan hal yang tepat pada saat yang tepat.

  • Peka dengan waktu dan tempat

Kunci awal untuk mengatakan hal tepat di saat tepat adalah memperhatikan keadaan.

  • Katakan dari hati

Anda tidak hanya harus memperhatikan apa yang Anda katakan dan kapan Anda mengatakannya: tetapi juga cara Anda mengatakan. Orang dapat membedakan perkataan yang dibuat-buat dan sesuatu yang dikatakan dari hati.

  • Pahami kekuatan perkataan yang tepat di saat yang tepat

Mengucapkan perkataan yang tepat pada saat yang tepat dapat berdampak lebih daripada sekedar membuat orang merasa baik pada momen tersebut. Pengaruhnya positif dan bertahan lama. Pelukis Benjamin West berkata bahwa dia suka melukis. Saat ibunya keluar rumah, dia mengeluarkan cat dan mencoba melukis. Suatu hari, saat mengeluarkan cat, kuas, kertas, dan peralatan lainnya, dia membuat rumahnya cukup berantakan. Ketika menyadari bahwa ibunya akan pulang tak lama lagi, dia berusaha setengah mati membersihkan semuanya, tetapi tidak berhasil. Saat ibunya memasuki ruangan, dia siap menghadapi hal terburuk yang mungkin akan dikatakan atau dilakukan oleh ibunya. West mengatakan bahwa apa yang selanjutnya dilakukan ibunya benar-benar mengejutkannya. Ibunya mengangkat lukisannya, menatapnya, dan berkata, “Astaga, kamu melukis adikmu dengan indah sekali.” Ibunya memberinya kecupan di dahi dan beranjak pergi. Dengan kecupan itu, ujar West, dia menjadi seorang pelukis.

Banyak studi mendukung fakta bahwa saat Anda mengatakan hal yang tepat, muncul sejumlah hal positif. Salah satu hasil terpentingnya adalah kepercayaan. Saat Anda dapat menawarkan sesuatu kepada seseorang tepat saat dia membutuhkannya-bahkan ketika orang itu adalah orang asing-Anda sangat mungkin mendapatkan kepercayaan dan rasa hormatnya. Anda akan terlihat sebagai seseorang yang bisa diandalkan dan dipertimbangkan.

Untuk dapat menerapkan hal diatas pada kehidupan Anda, cobalah cara dibawah ini:

  • Lupakan:

Apa yang ingin Anda katakan dan berfokuslah pada apa yang orang lain perlu dengar

  • Tanyakan:

Apa yang ingin saya dengar kalau saya berada di posisi orang tersebut?

  • Lakukan:

Ubah hari seseorang-atau bahkan mungkin keseluruhan hidupnya-dengan mengucapkan perkataan yang tepat pada saat yang tepat dan dari hati.

  • Ingatlah:

“Seperti apel emas di pinggan perak, begitulah perkataan yang diucapkan pada situasi yang tepat.”

buku
Tulisan di atas adalah sebagian kecil isi dari buku “25 Ways to Win with People-Buatlah Orang Lain Merasa Sangat Berharga” karangan John C. Maxwell dan Les Parrot, Ph.D. Buku ini menawarkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari agar dapat memenangkan orang lain dan membuat mereka merasa sangat berharga. Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, berisi tentang perinsip dasar dan cara-cara praktis yang dapat Anda lakukan dan latih dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini dapat kita temukan di perpustakaan SMP sekolah Athalia.

Adalah sukacita yang sangat besar dalam hidup jika dapat melihat orang lain merekah, berkembang, dan mencapai potensi terbaiknya. Buku ini dapat membantu Anda menjadi bagian dalam perwujudan hal itu bagi setiap orang dalam hidup kita. Selamat membaca!

Sumber: Maxwell, John C dan Les Parrott. 2007. 25 Ways To Win With People-Buatlah Orang Lain Merasa Sangat Berharga. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama-IB/Tim Karakter.

Leave a Reply

*

WhatsApp chat