Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Narasumber Mattias Malanthon

Program Adiwiyata merupakan program Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bertujuan mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
Dalam rangka menuju predikat sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, maka dibentuklah tim Athalia ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah) di Sekolah Athalia.

Lingkungan sekolah seolah menjadi rumah “kedua” bagi setiap guru, siswa, staf, dan karyawan di komunitas Athalia. Hampir separuh waktu kita berada di lingkungan sekolah. Padatnya aktivitas yang dilakukan di lingkungan sekolah perlu ditunjang oleh lingkungan sekolah yang aman, sehat, rindang, dan indah. Hal ini tentunya akan berdampak pada peningkatan kualitas proses belajar mengajar yang nyaman dan sehat.

Kegiatan Athalia ASRI saat ini lebih berfokus pada penghijauan lingkungan sekolah di lahan-lahan yang masih kosong. Lingkungan sekolah yang rindang dan hijau, membuat kita semua dapat menghirup udara yang segar dan bersih setiap hari, membuat jiwa dan raga kita semakin sehat.Tanaman yang akan ditanam pun diusahakan memiliki nilai ekonomis, seperti tanaman buah-buahan dan tanaman hias. Tanaman-tanaman ini bisa dijual dalam kemasan polybag. Selain itu, secara bertahap akan dikembangkan pula budidaya tanaman bonsai, budidaya jamur, dan program membuat pupuk organik dari sampah-sampah daun.

Saat ini, di setiap sudut ruangan, kita bisa melihat tempat sampah-tempat sampah yang sudah ditempel stiker sesuai dengan sampah yang harus dibuang. Ada sampah organik, sampah non organik, sampah kertas, sampah kaca, dan sampah residu. Athalia ASRI mengajak seluruh komunitas Sekolah Athalia berlatih membiasakan diri membuang sampah dengan memilahnya. Tidak ada sanksi dalam hal ini, hanya diharapkan kita semua saling mengingatkan dan menegur apabila ada rekan atau teman kita yang salah memasukkan sampah ke tempat sampah yang bukan seharusnya.

Kenapa harus dipilah-pilah? Ya, karena dengan dipilah-pilah kita turut membantu tim kebersihan dalam proses mendaur ulang sampah. Perlu kita ketahui juga bahwa sampah kertas memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari sampah-sampah lainnya. Memang tidak mudah membangun karakter membuang sampah dengan memilah, dibutuhkan niat dan semangat yang lahir dari kesadaran masing-masing pribadi akan kepedulian terhadap lingkungan yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah). Tim Athalia ASRI bekerja sama dengan seluruh guru di setiap unit, OSIS dan BB untuk turut serta mengkampanyekan gerakan membuang sampah dengan memilah.

Apabila kebiasaan ini (membuang sampah dengan memilah) sudah bertumbuh, Sekolah Athalia akan siap mendaftarkan diri menjadi Bank Sampah.


Tanggal 6 Desember 2018 yang lalu, unit TK, mengadakan kegiatan memungut sampah daun. Sedangkan unit SD dan SMP Athalia mengadakan kegiatan menanam pohon. Masing-masing siswa SD dan SMP Athalia membawa bibit tanaman yang berbeda-beda untuk ditanam di lahan-lahan yang masih kosong.


Untuk unit Sekolah Pinus, siswa-siswi Pinus diajarkan cara menyemai bibit tanaman. Tim Athalia ASRI juga berharap agar karakter dan kebiasaan yang baik ini bisa diajarkan dan ditularkan ke dalam setiap keluarga masing-masing atau lingkungan sekitar kita. Mari bersama kita wujudkan Sekolah Athalia yang ASRI! (LY)

Tuhan Yesus Memberkati.

By NO Comment 9th January 2019

Leave a Reply

*

WhatsApp chat