Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Oleh: Indira Ayu Yendra Puteri

Hari Sabtu, tanggal 5 Oktober 2019, pagi-pagi benar sudah terlihat kesibukan di Aula C, gedung SMP lantai 4. Beberapa panitia sudah bersiap-siap mengatur ruangan, pendaftaran, dan konsumsi untuk acara Gathering Kelas 7 yang akan dimulai pukul 07.30. Kursi-kursi dalam aula disusun membentuk lima lingkaran, sesuai dengan jumlah kelas dalam angkatan ini.

Sebelum waktu yang ditentukan, beberapa orang tua murid sudah mulai berdatangan. Para peserta diminta mengisi daftar hadir, mengenakan stiker tanda pengenal, mengambil konsumsi, lalu dipersilahkan menuju lingkaran kelas masing-masing. Peserta datang mengenakan warna pakaian yang berbeda-beda, sesuai dengan dress code yang sudah disepakati: warna hijau untuk kelas 7C, warna biru untuk kelas 7D, warna hitam untuk kelas 7F, warna putih untuk kelas 7L, dan warna merah untuk kelas 7R. Dengan demikian, mereka dapat dengan cepat menemukan kelompoknya masing-masing.

Gathering yang mengambil tema “Karena Anakku Sudah SMP” ini sengaja diselenggarakan di gedung sekolah, dengan pertimbangan ini adalah pertama kalinya anak-anak memasuki jenjang SMP. Bersekolah di gedung yang berbeda dari jenjang sebelumnya, tentu membuat para orang tua juga ingin lebih mengenal lingkungan baru anak-anaknya. Di jenjang SMP juga banyak anak baru yang berasal dari sekolah lain sehingga banyak orang tua yang juga belum saling mengenal.

Selama beberapa bulan berinteraksi hanya melalui jaringan komunikasi berupa Whatsapp Group, rupanya memicu kerinduan untuk saling mengenal di antara para orang tua yang anak-anaknya tergabung di kelas yang sama. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya antusiasme peserta yang mendaftarkan diri dan menghadiri gathering ini. Total peserta yang hadir adalah sebanyak 85 orang tua murid dan 9 orang guru wali kelas, dengan perincian: Kelas 7C dihadiri oleh 16 orang ibu, 1 orang bapak, dan 1 orang wali kelas; Kelas 7D dihadiri oleh 15 orang ibu, 3 orang bapak, dan 2 orang wali kelas; Kelas 7F dihadiri oleh 16 orang ibu, 1 orang bapak, dan 2 orang wali kelas; Kelas 7L dihadiri oleh 16 orang ibu dan 2 orang wali kelas; Kelas 7R dihadiri oleh 17 orang ibu dan 2 orang wali kelas. Dengan demikian, total persentase kehadiran peserta adalah sebesar 63%.

Acara dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh CPR Kelas 7, yaitu Ibu Indira Ayu, dilanjutkan dengan permainan untuk mencairkan suasana yang dipimpin oleh Ibu Yanny, CC kelas 7R. Para peserta diberi kesempatan untuk saling berkenalan dengan para orang tua lainnya di kelas masing-masing, kemudian dibagi-bagi dalam beberapa kelompok, lalu bermain adu cepat menyusun potongan-potongan kata yang telah dibagikan.

Setelah lebih saling mengenal dan suasana menjadi lebih akrab, seluruh kelas diberi kesempatan untuk melakukan wefie dengan berbagai gaya dan formasi. Supaya lebih seru, wefie ini diperlombakan sehingga para peserta pun menjadi lebih bersemangat dan mulai mengeluarkan ide-ide kreatifnya.

Sambil menunggu seluruh kelas selesai, mereka yang sudah menyelesaikan wefie kelas dipersilakan menikmati konsumsi sambil bercakap-cakap dengan akrab, baik dengan sesama orang tua, maupun dengan wali kelas masing-masing yang juga sudah menyempatkan hadir.

Selesai beristirahat, sampailah di acara yang ditunggu-tunggu, yaitu acara tanya-jawab dengan wali kelas. Agar lebih terdengar, kursi-kursi pun dirapatkan. Beberapa hari sebelum acara diselenggarakan, para orang tua sudah mengumpulkan daftar pertanyaan kepada para CC. Hal ini bertujuan agar waktu yang singkat tersebut dapat digunakan dengan lebih efisien, tertib, dan lebih mengalir. Para CC pun bertindak sebagai moderator, menyampaikan pertanyaan demi pertanyaan kepada wali kelas. Jenis pertanyaan yang diajukan cukup bervariasi. Ada yang mengenai jam pulang sekolah, terutama setelah kegiatan SC, tentang BB, penilaian tugas kelompok, syarat kenaikan kelas, kesulitan-kesulitan yang dihadapi anak-anak dalam pelajaran tertentu, dan interaksi anak-anak di sekolah. Tampak para orang tua sangat bersungguh-sungguh dan bersemangat, menyimak jawaban-jawaban yang diberikan oleh para wali kelasnya.

Karena di hari yang sama akan diadakan pembukaan Athalia Cup, penggunaan waktu acara harus dibatasi. Ibu Yanny yang bertindak sebagai pembawa acara mengumumkan para pemenang lomba wefie antarkelas. Sebagai pemenang ketiga adalah kelas 7R, pemenang kedua adalah kelas 7F, dan pemenang pertama adalah kelas 7L yang berpose membentuk formasi sesuai dengan nama kelasnya. Acara pun kemudian ditutup dengan doa oleh Bapak Nove.

By NO Comment 7th November 2019

Leave a Reply

*

WhatsApp chat