Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Oktober menjadi salah satu bulan penutup tahun yang mengesankan karena banyak orang sampai institusi merayakan literasi. Salah satunya Sekolah Athalia, yang memotret momen ini dengan beragam kegiatan literasi.

Dari jenjang SD hingga SMA, Sekolah Athalia berkreasi dengan tema dan kegiatan literasi masing-masing. SD Athalia sendiri mengangkat tema “Festival Literasi” dengan kelas-kelas yang bisa dipilih siswa berdasarkan minat mereka—kelas kaligrafi, story telling, mendongeng, poster, komik, menggambar dan menceritakannya kembali. Di jenjang SD, kegiatan Bulan Bahasa dibuka pada 30 September 2019 saat upacara, kemudian seluruh rancangan kegiatan dilakukan selama sebulan, dan puncak acara akan ditutup dengan pentas drama pada 28 Oktober 2019. Setidaknya ada dua sisi tujuan yang diusung SD Athalia dalam perayaan Bulan Bahasa 2019—menggali talenta para siswa dan memfasilitasinya dalam kelas-kelas literasi yang diadakan. SD Athalia berharap, rangkaian kegiatan Bulan Bahasa tahun ini sungguh berguna untuk menemukan talenta-talenta baru dan mengembangkannya untuk kemuliaan nama Tuhan.

SMP Athalia juga punya konsep unik dalam perayaan Bulan Bahasa tahun ini. Mengangkat tema “Bahasa sebagai Pemersatu Bangsa”, jenjang SMP berharap kegiatan ini dapat mengembangkan siswa lebih percaya diri dalam mengekspresikan seni dan bahasa, tampil di depan umum, dan bekerja sama.


Rangkaian Bulan Bahasa dilakukan pada Kamis, 31 Oktober 2019. Namun, para siswa telah mempersiapkan diri sejak sepanjang Oktober. Mereka berlatih untuk menampilkan pentas tari dan drama yang merupakan salah satu bagian acara puncak Bulan Bahasa. Pada tanggal itu pula, akan diadakan berbagai lomba yang fokus pada bahasa Indonesia dan Inggris. Lomba bercerita untuk kelas 7, membaca puisi untuk kelas 8, dan pidato untuk kelas 9 merupakan tiga lomba untuk tiga jenjang berbeda di bangku SMP yang menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, ada tiga lomba dalam bahasa Inggris—guessing word untuk kelas 7, spelling bee untuk kelas 8, dan story telling untuk kelas 9. Seluruh rangkaian lomba hari itu akan ditutup dengan pentas teater bertema “Malin Kundang” yang akan diperankan oleh siswa-siswi SMP.

Jenjang SMA juga punya kekhasannya dalam menyambut Bulan Bahasa tahun ini. Beragam kegiatan akan dilaksanakan pada Rabu, 13 November 2019. Uniknya, mereka menyebut kegiatan ini sebagai bulan budaya, dengan tema “Merajut Kebinekaan”. Ada tujuh kegiatan lomba, yaitu baca puisi, cipta puisi, short movie, mading 3D, monolog, speech, dan story telling. Rangkaian kegiatan dibuka di Aula F dengan devosi bersama, pembacaan puisi, kata sambutan dari ketua pelaksana, lalu dilanjutkan dengan kegiatan utama. Setiap kelas mengirimkan satu wakil untuk setiap lomba, kecuali lomba short movie dan mading 3D yang membutuhkan personil lebih dari satu siswa. Rangkaian kegiatan ditutup dengan musikalisasi puisi oleh siswa kelas sepuluh, dan teater yang akan dibawakan oleh para siswa kelas 12. Ada beberapa tujuan yang diusung ketika menggagas kegiatan bulan budaya tahun ini—menumbuhkan kepercayaan diri para siswa, mencari dan menyiapkan siswa untuk acara FLS2N (Festival & Lomba Seni Siswa Nasional) tahun depan, serta menumbuhkan karakter menghargai perbedaan.

SD, SMP, dan SMA Athalia memaknai Bulan Bahasa dengan semangat literasi. Mereka menggagas, menyiapkan, dan melaksanakan rangkaian kegiatan di bulan Oktober dengan penuh sukacita. Semoga, setiap kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan sungguh-sungguh berdampak untuk perkembangan setiap guru maupun peserta didik komunitas Athalia! (SO)

By NO Comment 8th November 2019

Leave a Reply

*

WhatsApp chat