Telp. +62-021-5383866, +62-021-5377891 Email: admin@sekolahathalia.sch.id

Judul: Character Excellence
Penulis: Rizal Badudu
Penerbit: Kompas
Tahun terbit: 2019
Jumlah halaman: 308 halaman

Edisi lalu, kami merekomendasikan buku Character Excellence Jilid 1. Edisi ini, mari kita belajar lebih banyak melalui buku Character Excellence Jilid 2, Mengembangkan Karakter Anak, Siswa, dan Karyawan. Seperti buku jilid 1, penulis juga memberikan panduan membaca agar pembaca memeroleh manfaat yang efektif dari buku ini. Ada tiga bagian dalam buku ini, berisi dua bab untuk masing-masing bagian. Di bagian akhir, ditutup dengan Penutup Sua. Penulis menyarankan beberapa hal.

Jika Anda orang muda, masih sekolah/kuliah, belum menikah, belum bekerja, cukup membaca empat bab awal dan bab 5 secara parsial di buku jilid 1. Namun, jika Anda sudah menikah dan memiliki anak yang belum bersekolah, Anda disarankan melanjutkan membaca buku jilid 2 di Bagian III, yaitu bab 6 dan 7. Silakan pilih dan baca dua kualitas karakter dalam dua bab tersebut. Selanjutnya, bila Anda sudah memiliki anak yang telah bersekolah, silakan melanjutkan membaca ke Bagian IV, yaitu bab 8 dan 9. Apabila Anda bekerja di lingkungan sekolah/kampus, tetap tekuni Bagian IV, yaitu bab 8 dan 9. Yang terakhir, jika Anda sudah bekerja—apa pun profesinya—silakan baca Bagian V yaitu bab 10 dan 11.

Hampir setiap bab membahas beberapa karakter yang sama dalam seting dan sudut pandang berbeda. Jika Anda dianjurkan untuk memilih dua kualitas karakter, penulis menyarankan untuk tetap membaca karakter yang sama di bab-bab selanjutnya. Setelah itu, bagian terakhir—”Penutup Sua”—wajib dibaca.

Jika buku jilid 1 membahas pengembangan karakter pribadi, jilid 2 ini berfokus pada pengembangan area yang lebih luas—anak, siswa, dan karyawan dengan sepuluh kualitas karakter yang masing-masing pembahasan karakter diurai menjadi bagian definisi, ilustrasi, penerapan, pujian, sikap dan tindakan orangtua, dan yang paling menarik ditutup dengan kisah inspirasi yang membuat para pembaca meresapi sungguh pembahasan karakter tersebut. Sepuluh karakter yang dibahas adalah antusiasme, daya tahan, kerajinan, kerendahan hati, ketulusan, keberanian, ketaatan, ketepatan waktu, perhatian penuh, dan tanggung jawab.

Semoga, setiap karakter dalam buku ini membantu kita terus berproses untuk perkembangan pribadi, serta mengembangkan anak, siswa, rekan kerja, dan komunitas kita. Tuhan memberkati! [SO]

By NO Comment , 11th February 2020

Leave a Reply

*

WhatsApp chat