Diligent Day (DDay) kelas II SD Athalia

Pagi itu, di kala mentari mulai beranjak naik seluruh siswa-siswi kelas II SD Athalia dengan sigap mengisi plastik yang disediakan oleh guru dengan sampah-sampah yang mereka temukan di sepanjang jalan kawasan Sekolah Athalia hingga bundaran blok A. Acara jalan pagi ini merupakan satu dari beberapa acara Diligent Day (DDay) yang diadakan Jumat lalu tanggal 24 Agustus 2018. DDay dirancang bagi siswa-siswi kelas II untuk secara khusus belajar karakter rajin selama satu hari dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Saat ibadah pagi Bu Desni memperkenalkan satu tokoh Alkitab yaitu Yusuf yang dapat dicontoh karakternya yang rajin. Siswa-siswi juga belajar rajin dari kisah Si Semut Kecil yang dibawakan oleh Bu Dewi PK3.  Seusai mendengarkan beberapa fakta tentang semut, siswa mengurutkan comic strip acak sehingga menjadi satu rangkaian kisah yang baik. Sesi selanjutnya, di dalam kelompok siswa-siswi diberi kesempatan untuk dapat merasakan berbagai tantangan dalam menghidupi karakter rajin melalui 4 pos permainan yang disediakan selama 80 menit. Pada setiap pos, siswa-siswi harus secara kompak menyebutkan tagline atau menyanyikan lagu rajin kepada penjaga pos sebagai salah satu syarat agar dapat bermain.

Siswa-siswi pun dapat melihat dampak nyata dari kerajinan atau kemalasan yang dipaparkan melalui silent reading kisah “Si Burung Kecil” dan film “Ah Boy”. Beberapa siswa terlihat menitikkan air mata seusai menonton film “Ah Boy”. Sesi dilanjutkan oleh Bu Denise yang mengulas seluruh pembelajaran rajin yang sudah dilalui siswa-siswi pada pos-pos permainan tadi. Akhirnya, DDay ditutup dengan sesi sharing antara Wali Kelas dan siswa-siswi, dengan leluasa siswa-siswi dapat menceritakan pengalaman mereka selama satu hari itu.

Kiranya melalui DDay ini siswa-siswi mulai mengerti arti penting, tantangan dan akibat dari karakter rajin dalam hidup mereka. (Dewi – PK3).

diligent_daydiligent_daydiligent_daydiligent_daydiligent_day

diligent_daydiligent_daydiligent_daydiligent_daydiligent_daydiligent_daydiligent_daydiligent_day

There are no comments, yet.

Why don’t you be the first? Come on, you know you want to!

Leave a Comment

*

Athalia Magazine