Parenting Class Community

PCC dibentuk sebagai wadah bagi orang tua untuk belajar, dan berdiskusi tentang perkembangan anak, cara pengasuhan, dan hal-hal lain mengenai anak. Sebelum menggunakan nama PCC, kegiatan ini dikenal dengan nama Morning Meeting, karena dilaksanakan pada pagi hari ketika orang tua menunggui anak bersekolah. Melihat respon orang tua yang cukup positif, dibentuklah sebuah komunitas dengan nama PCC. Kegiatan PCC berupa seminar, nonton bersama, dan sharing buku. Beberapa kegiatan yang sudah pernah dilakukan Morning Meeting maupun PCC antara lain:

Tema Workshop
• Mengatasi Masalah-masalah Anak
• Menumbuhkan Minat Baca Anak
• Mengatasi Masalah Belajar Anak
• Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Sejak Dini
• Seri Perkembangan Anak
• Seri Komunikasi
• Seri Mengelola Emosi
• Mengelola Konflik dalam Keluarga
• Ketika Balita Menanyakan Seks
• Ulangan Umum: Ujian Bagi Anak atau Orang Tua?
• Seri Let The Children Come along The Middle Years Way
• Seri Brain Based Learning
• Door Ways to Danger (Narkoba & Seks Bebas)

Sharing Buku
• Endangered
• Kiat Mendisiplin Anak Sebelum Terlambat
• Melatih Anak Bertanggung Jawab
• Brain Foods For Kids

 

Belajar Bersama di Parenting Class (Kid & Teen)

“Mama, bayi itu asalnya dari mana ya?”       

“Papa, tadi temanku bilang dia suka sama aku, aku mesti jawab apa?”

Pernahkah anak Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti itu dan Anda tidak siap menjawabnya? Pernahkah Anda berharap akan adanya sarana yang dapat membantu dan membimbing Anda sebagai orang tua? Atau akan adanya wadah untuk saling berbagi dengan orang tua lainnya? Bila iya, maka Parenting Class adalah jawabannya. Parenting Class adalah sebuah kelas pembelajaran yang khusus diberikan bagi para orang tua. Terkait hal ini, maka Sekolah Athalia mengadakan Parenting Class untuk membantu para orang tua murid. Salah satunya adalah untuk membantu orang tua paham cara mengasuh dan mendidik anak sesuai dengan prinsip-prinsip Alkitab.

 Parenting Class di Sekolah Athalia

Sekolah Athalia adalah sekolah yang berbasis pada karakter Oleh karena itu pengembangan karakter harus dilakukan di dalam keseluruhan hidup anak. Pengembangan karakter anak di sekolah harus didukung juga dengan pengembangan karakter anak di rumah. Namun kita semua sadar bahwa tidak semua orang tua tahu dan mengerti bagaimana cara untuk mendidik dan mengasuh anak dengan tepat. Untuk itulah Sekolah Athalia berinisiatif untuk membantu para orang tua melalui Parenting Class.

Parenting Class juga merupakan sarana untuk memfasilitasi para orang tua murid untuk saling berbagi dan belajar. Berbagi mengenai kehidupan mereka selama menjadi orang tua dan belajar bagaimana untuk menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak mereka. Parenting Class sendiri dibagi menjadi dua. Parenting Class (Kid) diperuntukkan bagi orang tua yang memiliki anak usia 0 hingga kelas 5 SD. Kemudian Parenting Class (Teen) diperuntukkan bagi orang tua yang memiliki anak diatas kelas 5 SD.  Parenting Class (Kid) dan Parenting Class (Teen) saat ini masing-masing diikuti oleh 29 pasang orang tua.

 Komitmen Orang Tua untuk Belajar

Setiap orang tua harus berkomitmen untuk menyediakan jangka waktu dua tahun untuk Parenting Class (Kid) dan satu tahun untuk Parenting Class (Teen). Pada setiap Parenting Class, orang tua juga harus memiliki buku yang akan menjadi panduan dalam setiap pertemuannya. Parenting Class (Kid) saat ini memakai buku Let the Children Come Series, Along the Virtuous Way. Sedangkan Parenting Class (Teen) memakai buku Let the Children Come Series, Along the Middle-Years Way.

Parenting Class (Kid) dan (Teen) sejak bulan Oktober 2014 diadakan setiap dua minggu sekali dan difasilitasi oleh Bu Charlotte Priatna sebagai pembicara. Selama Parenting Class, orang tua diminta untuk aktif dalam membahas materi maupun melakukan tanya jawab. Oleh karena itu, para orang tua dibagi dalam kelompok-kelompok sesuai dengan area tempat tinggal mereka. Masing-masing kelompok akan mengadakan pertemuan secara mandiri untuk berdiskusi sebelum pertemuan Parenting Class. Setiap pertemuan, masing-masing kelompok secara bergantian akan mempresentasikan hasil diskusi mereka. Setelah kelompok yang bertugas selesai mempresentasikan hasil diskusi mereka, maka akan diadakan sesi diskusi yang dipandu oleh Ibu Charlotte. Tanya jawab biasanya diisi dengan pembahasan mengenai materi yang tidak dimengerti atau dengan pengalaman serta kesulitan yang dialami oleh orang tua dalam mendidik dan membesarkan anak.

 Keluarga yang Berproses

Setiap keluarga pastinya memiliki pengalaman hidup yang berbeda. Ada keluarga yang membagikan pengalaman mereka dalam menumbuhkan kesadaran, tanggung jawab dan kepedulian anak-anak. Ada juga keluarga yang membagikan kesulitan mereka dalam mengkomunikasikan kepada anak mengenai pergumulan mereka. Baik pergumulan dalam menghadapi sakit penyakit atau jatuh bangun dalam ekonomi keluarga.

Proses ini membuat para orang tua bisa saling mendukung, saling mendoakan atau bahkan membantu mencari pemecahannya. Mereka bisa merasakan bahwa mereka tidak sendiri dan menyadari bahwa di dunia ini tidak ada keluarga yang sempurna. Setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihan, termasuk mereka sebagai orang tua. Namun semua kembali lagi pada seberapa besar keinginan para orang tua untuk belajar dan memperbaiki diri. Didukung juga dengan kerinduan mereka untuk memiliki keluarga yang bertumbuh dan berproses di dalam Tuhan.

 

Be Sociable, Share!
Athalia Magazine