Open House dan Penerimaan Siswa Baru dari Siswa Luar Sekolah Athalia

Open House dan penerimaan siswa baru dari siswa luar Sekolah Athalia, diselenggarakan hari ini, Sabtu, 4 November 2017 mulai pukul 07.30 sampai dengan selesai. Acara diawali dengan pemutaran video clip tentang Sekolah Athalia (video company profile), dilanjutkan dengan sambutan dan doa pembuka oleh Bapak Anton Tamal selaku Kepala SMA Athalia. Dalam sambutannya, Bapak Anton menceritakan tentang rangkaian acara yang baru saja diselenggarakan di Sekolah Athalia, yaitu Bulan Bahasa, Athalia Cup, dan AKSEN (acara pentas seni) yang menggambil tema ENDEAVOUR yang artinya “something to die for” dengan tujuan untuk mengangkat semangat nasionalisme dalam diri siswa, dimana “NKRI Harga Mati” sebagai slogan dalam acara tersebut. Dekorasi dari acara tersebut masih menghiasi Aula F Gedung SMA tempat open house ini diselenggarakan. Acara dilanjutkan dengan persembahan lagu dari Paduan Suara SD Athalia yang menyanyikan lagu “Rayuan Pulau Kelapa” dan “Hujan Rintik-Rintik”. Setelah itu siswa-siswi yang tergabung dalam Boys’ Brigade, yaitu suatu organisasi kepanduan dengan landasan nilai-nilai Kristiani, menyajikan kekompakan dan kepiawaian mereka dalam Fancy Drill, yaitu gerakan baris-berbaris yang diiringi musik. Setelah itu, acara diteruskan dengan Sharing Alumni, kesaksian dibawakan oleh Joel, alumnus kelas IPS SMA Athalia yang telah sejak TK hingga SMA bersekolah di Sekolah Athalia. Joel yang saat ini berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada menceritakan pengalamannya selama bersekolah di Athalia, juga tentang aturan-aturan di Sekolah Athalia yang tujuannya adalah untuk membentuk karakter siswa, yaitu karakter tertib dan disipilin. Karakter yang telah ditanamkan oleh Sekolah Athalia telah membentuknya menjadi pribadi yang sangat menghargai waktu sebagai pemberian Tuhan yang harus digunakan dengan bijaksana.

pak_anton

Pak Anton Tamal, kepala SMA Athalia, menyampaikan sambutan dan doa pembuka.

Dekorasi aula F

Dekorasi AKSEN di aula F

Dekorasi aula F saat Penerimaan Siswa Baru

padus_SD

Paduan Suara SD Athalia.

fancy_drill

Boys’ Brigade Athalia sedang menampilkan Fancy Drill.

joel

Joel sedang menyampaikan kesaksian dalam Sharing Alumni.

Penampilan selanjutnya adalah performance dari siswa dan siswi SMA Athalia yang menyajikan tari modern dengan gerakan-gerakan yang gesit dan rancak penuh semangat. Suguhan menarik lainnya juga datang dari siswa TK Athalia yang yang menari dengan lincah dan gemulai. Kelucuan dan gerakan-gerakan mereka, serta kostum yang colorful mampu memukau para tamu open house yang hadir. Acara dilanjutkan dengan Sharing Alumni, kali ini dari Nico, alumnus kelas IPA SMA Athalia. Sama seperti Joel, Nico pun bersekolah di Athalia sejak TK hingga SMA. Kini Nico telah berkuliah di Fakultas Teknik ITB yang masuk tanpa tes. Nico berbagi cerita tentang organisasi-organisasi siswa dan kepanitiaan-kepanitiaan yang ada di Athalia dan pernah diikutinya, seperti Boys’ Brigade, OSIS, AKSEN, dan lainnya. Ia sangat bersyukur dengan kesempatan tersebut karena menurutnya dengan berorganisasi di sekolah telah membantunya bertumbuh dalam karakter yang merupakan pengalaman berharga yang tidak terlupakan.

tari

Performance Tari oleh siswa siswi SMA Athalia.

tari murid TK

Murid-murid TK Athalia menampilkan tari tradisional Betawi.

nico

Sharing Alumni disampaikan oleh Nico.

tamu

Para tamu yang hadir dalam acara Open House.

Setelah itu, pak Presno Saragih, selaku Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Athalia, menyampaikan tentang Budaya Sekolah Athalia, bagaimana Sekolah Athalia sangat memperhatikan tahap perkembangan siswa dalam mendidik, dalam melatih disiplin, tanggung jawab, dan mengembangkan karakter siswa.  Tidak hanya itu, kerja sama dengan orang tua juga sangat diperlukan dalam mendidik siswa bersama-sama dengan pihak sekolah. Beliau menyampaikan bahwa di Sekolah Athalia juga ada kelas parenting maupun seminar-seminar parenting yang sering diselenggaarakan agar orang tua dan guru memiliki kesamaan visi dan misi serta wawasan dalam mendidik anak sehingga dapat bersinergi dan bekerjasama dengan baik dalam mendidik siswa. Seminar parenting yang dalam waktu dekat akan diselenggarakan adalah seminar “Dealing with Child Tantrum“, di tanggal 25 November 2017. Stand pendaftaran pun dibuka di lobby F gedung SMA Athalia. Bersamaan dengan ini, Pak Presno pun memperkenalkan Sekolah PINUS yang merupakan “anak” dari Sekolah Athalia. Sekolah Pinus didirikan karena keprihatikan para pendiri Sekolah Athalia, direktur, dan anggota yayasan dengan kondisi pendidikan di negara kita yang belum banyak menjangkau anak-anak dari keluarga yang kurang mampu. Sekolah PINUS adalah sekolah gratis untuk menjangkau kalangan tersebut.

pak_presno

Pak Presno menyampaikan tentang Budaya Sekolah Athalia.

pak_daniel

Prosedur penerimaan siswa baru sedang dijelaskan oleh Pak Daniel.

Bapak Daniel, sebagai salah satu anggota yayasan (Yayasan Pendidikan Kristen Athalia Kilang) dan ketua panitia Penerimaan Siswa Baru menyampaikan penjelasan mengenai tata cara dan prosedur pendaftaran. Setelah itu acara ditutup dengan doa oleh Bapak Presno Saragih dan diteruskan dengan pengarahan penjualan formulir.

Penjelasan tentang masing-masing Unit oleh kepala sekolah masing-masing diselenggarakan di Aula yang berbeda. Untuk unit TK, bertempat di Aula F bersama dengan Ibu Risna Hutahaean, selaku kepala TK AThalia. Untuk unit SD, orang tua dapat menuju Aula E bersama Ibu Dewi Andrianti, selaku kepala SD Athalia. Untuk unit SMP, penjelasan dan pengenalan unit SMP bertempat di Aula C bersama ibu Anita Octavia, selaku kepala SMP Athalia, sedangkan untuk unit SMA berlokasi di Aula D bersama bapak Anton Tamal, selaku kepala SMA Athalia. Bagi calon orang tua TK yang ingin langsung membeli formulir stand pendaftaran tersedia di bagian belakang Aula F, sedangkan bagi calon orang tua yang ingin touring terlebih dahulu dapat menuju ke gedung TK Athalia yang dipandu oleh Ibu Lingling. Bagi orang tua SD yang ingin touring terlebih dahulu ditemani oleh Ibu Tini, ibu Hani, Bu Nana, Bu Ninik dan Ibu Tere, Ibu Lia sedangkan bagi yang ingin langsung membeli formulir stand pembelian telah tersedia di bagian belakang Aula E. Demikian juga untuk unit SMP, bagi calon orang tua dan calon siswa yang ingin touring dipandu oleh Pak Nove, Pak Beryl, Pak Yusuf, dan Bu Nana. Stand penjualan formulir pun tersedia di bagian belakang Aula C. Pun untuk unit SMA, touring dipandu oleh Ibu Lestari, Ibu Julinar, Pak Satya, Pak Hari, Bu Debora, dan Pak Totok.

bu_risna

Bu Risna menyampaikan presentasi dan memperkenalkan tentang TK Athalia kepada para calon orang tua.

bu_dewi

Bu Dewi sedang menyampaikan presentasi tentang SD Athalia di aula E.

bu_anita

Presentasi tentang SMP Athalia sedang disampaikan oleh Ibu Anita di aula C.

pak_anton

Presentasi tentang SMA Athalia disampaikan oleh Bapak Anton di aula D.

bu_lingling

Bu Lingling sedang mengajak calon orang tua siswa yang ingin melakukan touring ke gedung TK Athalia.

bu_lingling2

Bu Lingling sedang menemani calon orang tua TK untuk touring.

pusat_informasi

Pusat-pusat informasi juga tersedia bagi para calon orang tua yang ingin mendapatkan informasi lebih dalam mengenai masing-masing unit, salah satunya untuk unit SD bersama ibu Dewi dan ibu Tini.

pembelian_formulir

Suasana pembelian formulir pendaftaran untuk calon siswa TK.

pembelian_formulir

Pembelian formulir pendaftaran SD Athalia.

pembeliian_smp

Pembelian formulir pendaftaran untuk SMP Athalia.

pembelian_sma

Pembelian formulir untuk SMA Athalia.

perpus

Tour ke Perpus bersama Ibu Lestari dan Ibu Gusti.

Ibu Julinar sedang menemani touring calon orang tua SMA.

touring_smp

Touring SMP bersama pak Jusuf.

touring_smp

Pak Nove juga memandu para calon orang tua dan calon siswa touring di gedung SMP.

touring_smp

Touring SMP dipandu oleh pak Beryl.

touring_smp

Bu Nana (kaos biru) sedang menyampaikan penjelasan pada calon orang tua SMP dalam touring di gedung SMP.

Untuk kelancaran acara, bagi orang tua yang membawa anak balita, tersedia spot untuk bermain anak di sudut kiri bagian belakang aula F ditemani oleh guru-guru TK Athalia. Berbagai macam mainan edukatif pun disediakan di tempat tersebut. (Ind).

Guru-guru TK menemani para balita yang ikut hadir saat Penerimaan Siswa Baru

 

Be Sociable, Share!

There are no comments, yet.

Why don’t you be the first? Come on, you know you want to!

Leave a Comment

*

Athalia Magazine