SMA Athalia

SMA adalah tembok terakhir bagi seorang siswa untuk mendapatkan pendampingan dan pembinaan khususnya dalam hal non akademis. Selepas SMA, siswa dianggap telah sanggup mengelola diri sendiri untuk mencapai tujuan-tujuannya, sekaligus bertahan menghadapi berbagi pengaruh, tetap teguh memegang hal-hal baik yang telah tumbuh dalam dirinya.

 

Sejak awal Sekolah Athalia mendorong tiap siswanya mengenali dan mengasah kecerdasan masing-masing, sambil terus memperlengkapi siswa dengan berbagai keterampilan hidup. Oleh karena itu, SMA Athalia berkomitmen mendukung tiap siswa dalam berproses menjadi sosok pemimpin bagi komunitasnya; sosok yang memberi pengaruh baik dan rela berkontribusi bagi komunitas.

 

BE A LEADER : Influencing & Contributing

Untuk mencapai profil pemimpin yang memberi pengaruh baik dan berkontribusi bagi masyarakat, siswa SMA terus dikondisikan untuk terbuka akan kepekaan sosialnya dan nasionalismenya. Selain aspek akademis, Sekolah Athalia memperlengkapi siswa melalui serangkaian program pemberdayaan diri:

  1. Melalui studi lapangan, para siswa di kelas X dibuka wawasannya sehingga pengetahuan teoritis siswa juga dilengkapi dengan aspek praktis.
  2. Siswa kelas XI memperdalam pengetahuan dan wawasan melalui visitasi ke suatu daerah. Di sana mereka belajar secara terpadu dan mendalam berbagai bidang keilmuan.
  3. Siswa kelas XII mempraktekkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan mereka dengan tinggal bersama sebuah komunitas masyarakat yang berbeda secara geografis, budaya, dan sosial.

 

Pendampingan praktek kepemimpinan bagi siswa di seluruh jenjang SMA memperlengkapi siswa dengan pemahaman dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dalam memberi pengaruh baik dan kontribusi bagi masyarakat.

 

HARI DAN JAM SEKOLAH

  • Senin: pk. 07.00-14.00 WIB
  • Selasa-Jumat: pk. 07.00-15.30 WIB

 

JUMLAH SISWA DAN STAF PENGAJAR

Setiap kelas menampung maksimal 26 siswa. Setiap kelas memiliki seorang wali kelas dan asisten wali kelas (setiap kelas diupayakan memiliki 1 asisten wali kelas) dan guru mata pelajaran yang mengajar. Wali kelas dan asistennya bertugas mendampingi siswa di kelasnya sebagai pembina (shepherd).

 

KEGIATAN

1. Renungan

Siswa wajib mengikuti renungan yang dilaksanakan setiap hari di kelas selama sepuluh menit, sebelum pembelajaran dimulai.

2. Upacara

Upacara dilaksanakan dua minggu sekali.

3. Assembly

Assembly merupakan pertemuan dimana siswa menampilkan sebuah pementasan mengenai karakter yang menjadi fokus pembelajaran  pada semester itu. Assembly juga merupakan ajang dimana siswa dapat memperoleh apresiasi atas pertumbuhan karakter yang mereka perlihatkan.

4. Karya Wisata (Field Trip)

Karyawisata diadakan guna menunjang materi pelajaran yang diberikan di kelas dan agar siswa  memiliki pengalaman melihat langsung obyek pembelajaran di lapangan. Karyawisata ini diadakan minimal sekali per semester.

5. Presentasi Hasil Belajar

Sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil pembelajaran mereka setiap akhir tengah semester kedua yang mengacu pada kecerdasan majemuk masing-masing siswa.

6. Celebration Day

Di akhir semester diadakan Celebration Day sebagai puncak pembelajaran pada semester tersebut.

7. Ekstra Kurikuler/ Pengembangan Diri

Kegiatan ekstra kurikuler bersifat wajib dan dilaksanakan di dalam jam belajar sekolah. Kegiatan tersebut adalah Boys Brigade, dan Character Building. Boy’s Brigade adalah badan kepramukaan Kristen. Seluruh siswa SMP-SMA Athalia otomatis menjadi anggota BB Indonesia cabang 4 Athalia Distrik Jakarta Wilayah 2.

8. Smart Club

Kegiatan Smart Club adalah wadah yang disediakan Sekolah untuk mengekplorasi kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa. Siswa hanya dapat mengikuti suatu kegiatan Smart Club yang sesuai dengan kecerdasan majemuknya yang hendak dipertajam/dikembangkan. Kegiatan Smart Club bersifat tidak wajib. Jenis  Smart Club antara lain: Basket, Bulu Tangkis, Futsal, Tenis Meja, Volley, Catur, Teater, Concert Band, dan Fotografi. Jenis Smart Club yang ditawarkan dapat berubah setiap tahun pelajaran sesuai dengan kebutuhan.

 

LAPORAN HASIL BELAJAR

  1. Hasil evaluasi pembelajaran (Ulangan Harian) siswa selama 1 minggu beserta mapnya diberikan setiap hari Jumat jika pada minggu tersebut ada tes.
  2. Laporan perkembangan tengah semester (Raport Mid)
  3. Laporan perkembangan semester (Raport Semester). Raport ini terdiri dari:

a)  Rapor DIKNAS

b)  Rapor Karakter

Be Sociable, Share!
Athalia Magazine