SMP Athalia

SMP Athalia adalah komunitas yang mendukung dan memberi pengaruh baik dalam pola pikir dan gaya hidup. Setiap siswa yang berada di dalamnya mendukung temannya dan setiap siswa bertanggung jawab atas temannya. Sekolah percaya bahwa karakter mempunyai andil terbesar dalam keberhasilan seorang anak, oleh sebab itu sekolah menerapkan pendidikan karakter yang mewarnai seluruh proses pembelajaran. Pembelajaran berpusat pada siswa sedangkan guru berfungsi sebagai fasilitator.

Aspek Utama SMP Athalia :

  • Teamwork. Sekolah Athalia mendorong siswa untuk saling membantu dan saling mendukung, dalam pergaulan dan pelajaran. Melalui peer tutor siswa saling membantu; kelebihan siswa yang satu menutupi kekurangan siswa yang lain.
  • Pendampingan. Tiap guru menjadi pendamping bagi sekelompok siswa yang ada di kelasnya, terutama dalam aspek karakter, dan menjadi konselor untuk hal-hal yang menjadi hambatan siswa dalam pelajaran maupun pergaulan. Tiap semester, guru pendamping mambuat laporan tertulis tentang perkembangan karakter siswa yang didampinginya.
  • Kemitraan dengan orang tua. Menjadi strategi utama Sekolah Athalia dalam membangun karakter “Caring and Sharing” dalam diri siswa, baik di sekolah maupun di rumah.
  • Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan pendekatan berdasarkan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner, yaitu: kecerdasan interpersonal, intrapersonal, logika-matematika, musik kinestetik, visual-spasial, bahasa, naturalistik (alam), dan eksistensial.
  • Berbagai mata pelajaran diintegrasikan menjadi topik yang memiliki kegunaan dan bersifat kontekstual. Melalui pendekatan ini diharapkan siswa dapat melihat adanya hubungan antara berbagai mata pelajaran serta menghubungkan satu pengetahuan dengan pengetahuan lainnya dalam proses pembelajaran.

Hari dan Jam Sekolah
Senin Pk 07.00 – Pk 13.30
Selasa-Jumat Pk 07.00 – Pk 15.00

Catatan: Siswa dikategorikan terlambat jika tiba di gerbang/drop point/check point sekolah pada pukul 06.56 atau setelah bunyi bel selesai.

Rasio Guru: Siswa

  • Setiap kelas menampung maksimum 26 siswa.
  • Setiap kelas memiliki seorang guru wali kelas. Wali kelas juga berfungsi sebagai pembina siswa (shepherd). Selain wali kelas, seorang guru bidang studi juga bertugas mendampingi siswa sebagai shepherd. Dengan demikian, tiap kelas memiliki dua orang shepherd.

KEGIATAN

  • Renungan (Devotion). Siswa wajib mengikuti renungan (devotion) yang dilaksanakan di kelas selama 20 menit, sebelum pembelajaran dimulai.
  • Upacara. Upacara dilaksanakan 2 minggu sekali.
  • Assembly (Character Performing in Art). Assembly diadakan dua minggu sekali, merupakan kegiatan dimana siswa menampilkan sebuah pementasan mengenai karakter yang menjadi focus pembelajaran di kelas. Assembly juga merupakan ajang dimana siswa dapat memperoleh apresiasi atas pertumbuhan karakter yang mereka perlihatkan.
  • Musik. Tujuan sistem pendidikan musik di Athalia adalah untuk meningkatkan musikalitas dalam diri siswa (menyanyi dengan benar, memainkan alat musik dengan sistem ‘How To Play’).
  • Field Trip (Kunjungan Lapangan). Field trip diadakan guna menunjang materi pelajaran yang diberikan di kelas dan agar siswa memiliki pengalaman melihat langsung obyek pembelajaran di lapangan. Field trip ini diadakan minimal sekali per tahun.
  • Kegiatan Pengembangan Diri. Kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan terdiri dari Boys’ Brigade, Character Building, Keterampilan, Bimbingan Konseling, dan Bahasa Mandarin.
  • Smart Club. Kegiatan Smart Club adalah wadah yang disediakan sekolah untuk mengeksplorasi kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa. Siswa hanya dapat mengikuti suatu kegiatan Smart Club yang sesuai dengan kecerdasan majemuknya yang hendak dipertajam/dikembangkan. Kegiatan Smart Club bersifat tidak wajib dan dikategorikan sebagai ekstrakurikuler yang bersifat pilihan. Jenis Smart Club terdiri dari: Basket, Futsal, Tenis Meja, Volley, Catur, Concert Band, Brass band,  Tata Boga, Handycraft, dan Fotografi. Jenis Smart Club yang ditawarkan dapat berubah setiap tahun pelajaran sesuai dengan kebutuhan.
  • Presentasi Siswa. Sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan rencana atau hasil pembelajaran mereka dan dilakukan pada pertengahan semester II.
  • Celebration Day. Di akhir semester diadakan Celebration Day sebagai puncak pembelajaran pada semester tersebut yang menampilkan kemampuan siswa yang mengacu pada kecerdasan majemuk masing-masing siswa.

Laporan SMP Athalia
1. Evaluasi pembelajaran siswa. Hasil evaluasi pembelajran siswa selama 1 minggu beserta mapnya diberikan setiap hari Jumat jika pada minggu tersebut ada tes.
2. Laporan perkembangan mid-semester dan Laporan perkembangan semester. Merupakan laporan yang mengidentifikasi usaha siswa dalam proses pembelajaran.

Laporan Perkembangan Hasil Belajar Siswa
Laporan Perkembangan Belajar Siswa merupakan laporan yang mengidentifikasi hasil usaha siswa dalam proses pembelajaran. SMP Athalia memberikan laporan hasil belajar siswa pada tengah semester dan akhir semester. Laporan hasil belajar siswa pada akhir semester terdiri dari Rapor yang berbentuk angka dan deskripsi serta Rapor Karakter (hanya pada akhir semester genap).

Be Sociable, Share!
Athalia Magazine