Sekilas tentang Retret Kelas VII SMP Athalia 2018

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini kelas VII SMP Athalia kembali mengadakan retret untuk seluruh siswa baru. Retret ini bertujuan agar setiap siswa dapat mengawali perjalanannya di SMP Athalia untuk senantiasa bertumbuh dan menjadi serupa dengan Kristus.

Tema retret SMP Athalia tahun ini adalah He Changes Me”. Diharapkan setiap peserta yang ikut, baik murid ataupun guru dapat semakin bertumbuh dalam hal pengenalan akan Tuhan dan dapat berubah menjadi semakin baik, dengan kesadaran dan keyakinan bahwa perubahan itu dimulai karena Kristus yang telah mengubahkan kita. Semua yang kita miliki di dunia ini, bahkan keselamatan yang kita miliki berasal daripada Kristus.

Dalam retret kali ini, kegiatan lebih banyak difokuskan pada kelompok-kelompok kecil. Siswa berkumpul dalam kelompok kecil bersama guru pendamping mereka. Di dalam kelompok kecil itu para siswa dapat sharing tentang pengalaman mereka dan apa yang berkesan bagi mereka. Selain sharing tentang pengalaman, juga ada sesi bermain games bersama. Banyak siswa yang menyukai kegiatan ini karena di sini mereka belajar untuk lebih mengenal satu dengan yang lain. Melalui kelompok-kelompok kecil ini, mereka juga diajak untuk saling berpendapat tentang materi yang diterima dalam setiap sesi, yang tentunya didampingi dan diarahkan oleh guru pendamping kelompok.

Retret kelas VII bukan hanya sebagai ajang liburan atau refreshing bersama, namun dalam retret ini anak-anak dibentuk untuk belajar mandiri, belajar disiplin dan yang lebih penting adalah bertumbuh dalam Tuhan. Ya, guru-guru yang menjadi panitia retret sepakat bahwa selain untuk membawa anak-anak semakin mengenal Tuhan, kami juga berharap agar melalui retret ini, anak-anak semakin disiplin dalam menjalani kehidupannya. Dimulai dari tepat waktu, makan dengan teratur, dan tidak menyisakan makanan yang ada.

Setelah kegiatan retret ini banyak anak yang memberi kesaksian, bagaimana mereka belajar untuk mandiri, semakin berserah pada Tuhan, lebih disiplin dan berkomitmen untuk menggunakan kemampuan mereka untuk masa depan dan memuliakan Tuhan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

(Unit SMP) 

There are no comments, yet.

Why don’t you be the first? Come on, you know you want to!

Leave a Comment

*

Athalia Magazine