Profil


Profil SMP Athalia


Tiap siswa mendukung temannya. Tiap siswa bertanggung jawab atas temannya. SMP Athalia adalah komunitas yang mendukung dan memberi pengaruh baik dalam pola pikir dan gaya hidup.

ASPEK-ASPEK UTAMA SMP ATHALIA
TEAMWORK & PEER TUTOR
Sekolah Athalia mendorong siswa untuk saling membantu dan saling mendukung dalam pergaulan dan pelajaran. Sekolah Athalia percaya tiap siswa punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihan siswa yang satu menutupi kekurangan siswa yang lain.

PENGEMBANGAN DIRI
Memasuki usia remaja, tiap siswa didorong untuk mengenali bakat-bakatnya dan mau mengembangkannya. Smart Club disediakan sekolah untuk mendukung siswa mengasah kecerdasan masing-masing. Kerja sama dan dukungan orangtua sangat dibutuhkan untuk menolong siswa mulai merintis jalan demi menemukan tujuan hidupnya.

PENDAMPINGAN
Tiap guru menjadi pendamping bagi sekelompok siswa yang ada di kelasnya, terutama dalam aspek karakter, dan menjadi konselor untuk hal-hal yang menjadi hambatan siswa dalam pelajaran maupun pergaulan. Tiap semester guru pendamping membuat laporan tertulis tentang perkembangan karakter siswa yang didampinginya.

Kegiatan-kegiatan dan program yang mendukung siswa-siswi SMP Athalia belajar “Caring and Sharing” lebih aplikatif:

  1. RENUNGAN
    Siswa wajib mengikuti renungan yang dilaksanakan setiap hari di kelas selama dua puluh menit sebelum pembelajaran dimulai.
  2. UPACARA
    Upacara dilaksanakan dua minggu sekali. Setiap hari Senin Siswa wajib memakai pakaian seragam sekolah lengkap (memakai topi dan dasi sekolah).
  3. ASSEMBLY
    Assembly merupakan pertemuan dimana siswa menampilkan sebuah pementasan mengenai karakter yang menjadi fokus pembelajaran pada semester itu. Assembly juga merupakan ajang dimana siswa dapat memperoleh apresiasi atas pertumbuhan karakter yang mereka perlihatkan.
  4. BOYS’ BRIGADE
    Boys’ Brigade adalah badan kepanduan Kristen. Seluruh siswa SMP Athalia otomatis menjadi anggota BB Indonesia cabang 4 Athalia Distrik 3 Jakarta.
  5. RETRET
    Retret merupakan kegiatan pembinaan kerohanian yang wajib diikuti oleh siswa kelas VII. Siswa kelas VII yang belum mengikuti retret akan diikutkan pada retret di tahun yang akan datang bersama dengan adik kelas.
  6. CHARACTER CAMP (METAMORFOSIS CAMP, CARING AND SHARING CAMP, DAN REKOLEKSI)
    Character-Camp merupakan sebuah kegiatan yang dirancang untuk memperdalam karakter dan kebiasaan siswa mengenai Caring and Sharing yang merupakan profil SMP Athalia.
  7. LIVE IN
    Live In merupakan kegiatan aplikasi kehidupan sosial masyarakat. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa kelas IX. Kegiatan ini dilakukan di pemukiman warga yang sudah ditentukan. Siswa tinggal di rumah warga dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial.
  8. BIMBINGAN KONSELING
    Kegiatan pelayanan pengembangan diri yang disediakan sekolah bagi siswa SMP Athalia.
  9. FIELD TRIP
    Field Trip diadakan guna menunjang materi pelajaran yang diberikan di kelas dan agar siswa memiliki pengalaman melihat langsung obyek pembelajaran di lapangan.
  10. PRESENTASI SISWA
    Sekolah memberikan kesempatan kepada siswa kelas VII dan VIII untuk mempresentasikan hasil pembelajaran mereka setiap akhir tengah semester kedua yang mengacu pada kecerdasan majemuk masing-masing siswa.
  11. CELEBRATION DAY
    Di akhir semester II diadakan Celebration Day sebagai puncak pembelajaran pada semester tersebut.
  12. ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
    OSIS merupakan wadah organisasi bagi siswa dan menampung seluruh kegiatan siswa. Dengan demikian, semua siswa SMP yang masih aktif secara otomatis menjadi anggota OSIS. Dasar hukum pembentukan OSIS adalah Tap MPR No IV/MPR/1978 dan Tap Mendikbud No 0323/U/1978.
  13. SMART CLUB
    Kegiatan Smart Club adalah wadah yang disediakan sekolah untuk mengeksplorasi kecerdasan majemuk yang dimiliki siswa. Siswa hanya dapat mengikuti suatu kegiatan Smart Club yang sesuai dengan kecerdasan majemuknya yang hendak dipertajam/dikembangkan. Kegiatan Smart Club bersifat tidak wajib dan dikategorikan sebagai Ekstrakurikuler yang bersifat pilihan. Siswa hanya diijinkan memilih satu jenis Smart Club yang ditawarkan. Jenis Smart Club antara lain: Basket, Futsal, Tenis Meja, Brass Band, Handycraft, Memasak, Fotografi, Volley, Teater, Concert Band, Junior Programmer. Jenis Smart Club yang ditawarkan dapat berubah setiap tahun pelajaran sesuai dengan kebutuhan.

WhatsApp Hubungi kami via WhatsApp