Profil TK

PENDIDIKAN KB DAN TK

Program pembelajaran Sekolah Athalia mengacu pada sistem pendidikan nasional yaitu Kurikulum Merdeka dengan pendekatan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner, yaitu: kecerdasan interpersonal, intrapersonal, logika-matematika, musik, kinestetik, visual-spasial, bahasa, dan naturalistik (alam).

Berbagai mata pelajaran diintegrasikan menjadi topik yang memiliki kegunaan dan bersifat kontekstual. Melalui pendekatan ini diharapkan siswa dapat melihat adanya hubungan antara berbagai mata pelajaran serta menghubungkan satu pengetahuan dengan pengetahuan lainnya dalam proses pembelajaran.

Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia.

Sekolah percaya bahwa karakter mempunyai andil terbesar dalam keberhasilan seorang siswa. Oleh sebab itu, sekolah menerapkan pendidikan karakter yang mewarnai seluruh proses pembelajaran.

Pembelajaran berpusat pada siswa, sedangkan guru berfungsi sebagai fasilitator.

BATITA

Tujuan program pembelajaran di kelas Batita adalah menjadikan siswa:
Ready for school, dengan mengembangkan kemampuan dasar siswa yang diperlukan untuk naik ke jenjang pendidikan selanjutnya, misalnya: pre-writing skill, pre-reading skill, mengenal konsep matematika sederhana, dan sebagainya
Ready for life, dengan menumbuhkembangkan sikap mental dan perilaku positif siswa, seperti: mandiri, percaya diri, ingin tahu, kreatif, dan sebagainya.

HARI dan JAM SEKOLAH
SIANG: Senin- Jumat Pk 10.00 – 12.00

BATASAN  UMUR
Siswa kelompok Batita  harus berusia 2 tahun/ lebih per 31 Juli.

JUMLAH SISWA dan STAF PENGAJAR
Setiap kelas menampung maksimum 10 orang siswa, dipimpin oleh 1 orang guru kelas dan 1 orang guru asisten.

BAHASA  PENGANTAR
Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, sedangkan Bahasa Inggris diberikan dalam bentuk nyanyian dan syair.

AGAMA
Taman Batita ATHALIA mengajarkan agama Kristen yang disampaikan oleh guru kelas melalui cerita, nyanyian, dan Ibadah bersama.

MAKAN BERSAMA
Sekolah menyediakan konsumsi untuk siswa Batita setiap hari Rabu.

KEGIATAN HARIAN/ RUTIN
>Bermain
Sains, Kreativitas
Gerak dan Lagu
Nonton
Bercerita
Parent Teaching
Ibadah

KEGIATAN TAHUNAN

Field Trip:
Diadakan guna menunjang materi pelajaran yang diberikan di kelas dan agar siswa memiliki pengalaman melihat objek pembelajaran langsung di lapangan. Field Trip juga bertujuan untuk melatih kemandirian siswa, dan siswa tidak didampingi oleh orangtua ataupun pengasuh.

Perayaan Natal
Bagian dari pembinaan siswa dan siswa wajib mengikuti

Perayaan Paskah
Bagian dari pembinaan siswa dan siswa wajib mengikuti

Celebration Day
Diakhir Semester II diadakan Celebration Day sebagai puncak pembelajaran pada semester tersebut

Perayaan Hari Kemerdekaan, Kartini
Sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan akan cinta tanah air

LAPORAN PERKEMBANGAN HASIL BELAJAR SISWA

PROGRAM KELAS MINGGUAN
Berisikan tentang kegiatan yang akan dilakukan setiap minggu melalui Google Classroom.

LEMBAR OBSERVASI
Berisi tentang pengamatan guru kelas terhadap siswa dan diberikan setiap bulan.

LAPORAN PERKEMBANGAN
Merupakan laporan yang mengidentifikasi tahap perkembangan siswa yang diberikan di tengah dan akhir semester.

PRA TK

Program pendidikan dirancang untuk memberikan rangsangan atau stimulasi bagi perkembangan fisik, berbahasa dan berkomunikasi, daya pikir, dan perilaku kreatif, serta kemandirian.
Pembelajaran diberikan dengan pendekatan kecerdasan majemuk siswa dan pembiasaan kegiatan sehari-hari.

HARI dan JAM SEKOLAH
PAGI Senin – Jumat Pk 07.30 – 09.30

BATASAN  UMUR
Siswa kelompok Pra-TK harus berusia 3 tahun/lebih per 31 Juli.

JUMLAH SISWA & STAF PENGAJAR
Setiap kelas menampung maksimum 16 orang siswa, dipimpin oleh 1 orang guru kelas dan 1 orang guru asisten.

BAHASA PENGANTAR
Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, sedangkan Bahasa Inggris mulai digunakan di dalam kelas Bahasa Inggris yang dalam kurikulumnya termasuk pengenalan Phonics & Vocabulary yang diajarkan dalam berbagai variasi bentuk kegiatan seperti nyanyian, syair, gambar, dan lain-lain.

AGAMA
Pra TK ATHALIA mengajarkan agama Kristen yang disampaikan oleh guru kelas melalui cerita, nyanyian, dan ibadah bersama.

MAKAN BERSAMA
Setiap siswa mendapat makanan dari sekolah pada hari Rabu.

KEGIATAN
Aktivitas kelas
Aktivitas luar kelas
Ibadah
Sains, Kreativitas
Nonton-Bercerita
Parent Teaching

Field Trip:
Diadakan guna menunjang materi pelajaran yang diberikan di kelas dan agar siswa memiliki pengalaman melihat langsung objek pembelajaran langsung di lapangan. Field Trip juga bertujuan untuk melatih kemandirian siswa, dan siswa tidak didampingi oleh orangtua ataupun pengasuh.

Perayaan Natal
Bagian dari pembinaan siswa dan siswa wajib mengikuti.

Perayaan Paskah
Bagian dari pembinaan siswa dan siswa wajib mengikuti.

Celebration Day
Diakhir Semester II diadakan Celebration Day sebagai puncak pembelajaran pada semester tersebut.

Perayaan Hari Kemerdekaan, Kartini
Sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan akan cinta tanah air.

LAPORAN PERKEMBANGAN HASIL BELAJAR SISWA

PROGRAM KELAS MINGGUAN
Berisikan tentang kegiatan yang akan dilakukan setiap minggu melalui Google Classroom.

LEMBAR OBSERVASI
Berisi tentang pengamatan guru kelas terhadap siswa dan diberikan setiap bulan.

LAPORAN PERKEMBANGAN (TENGAH SEMESTER dan SEMESTER)
Merupakan laporan yang mengidentifikasi usaha siswa dalam proses pembelajaran.

TK A & TK B

Rancangan pembelajaran difokuskan kepada peletakan dasar-dasar pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta. Tujuan khususnya untuk memantapkan perkembangan fisik, emosi, sosial, dan kemandirian.
Program pembelajaran menggunakan pendekatan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner. Pembelajaran berpusat pada siswa, sedangkan guru berfungsi sebagai fasilitator dan motivator.
Selain kelas utama kami juga  berharap dapat menggali kecerdasan siswa menurut teori kecerdasan majemuk lewat kelas Transisi berupa; Vokal, B Inggris, Natural (bahan alam), Literasi, Budaya, Tehnologi Komputer,  dan menggambar.

HARI dan JAM SEKOLAH
PAGI Senin – Jumat          Pk 07.15-11.00
SIANG    Senin – Jumat        Pk 10.15-14.00

Perlu kami informasikan bahwa setiap pagi Pk 07.15-07.30  adalah Circle Time (kegiatan bersama di luar kelas) dan kegiatan kelas akan dimulai pada pk 07.30. Demikian juga untuk kelas siang

Pergantian jadwal dimulai setiap awal semester.

BATASAN  UMUR
Siswa kelompok TK A berusia 4 tahun/lebih per 31 Juli.
Siswa kelompok TK A berusia 5 tahun/lebih per 31 Juli.

JUMLAH  SISWA dan STAF PENGAJAR
TK A. Menampung maksimum 18 siswa, dipimpin oleh 1 orang guru kelas dan 1 orang guru asisten.
TK B. Menampung maksimum 20 siswa, dipimpin oleh 1 orang guru kelas dan 1 orang guru asisten.

BAHASA  PENGANTAR
Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, sedangkan Bahasa Inggris mulai digunakan di dalam kelas Bahasa Inggris yang dalam kurikulumnya termasuk pengenalan Phonics & Vocabulary yang diajarkan dalam berbagai variasi bentuk kegiatan seperti nyanyian, syair, gambar, dan lain-lain.

AGAMA
TK A dan TK B ATHALIA mengajarkan agama Kristen yang disampaikan oleh guru kelas melalui cerita, nyanyian, dan Ibadah bersama.

MAKAN BERSAMA
Setiap siswa mendapat makanan dari sekolah pada setiap hari Kamis untuk Siswa TK A, dan setiap hari Jumat untuk siswa TK B.

KEGIATAN
Aktivitas dalam kelas
Aktivitas luar kelas
Ibadah
Sains
Nonton
Parent Teaching
Devosi

Field Trip:
Diadakan guna menunjang materi pelajaran yang diberikan di kelas dan agar siswa memiliki pengalaman melihat objek pembelajaran langsung di lapangan. Field Trip juga bertujuan untuk melatih kemandirian siswa, dan siswa tidak didampingi oleh orangtua ataupun pengasuh.
Perayaan Natal
Bagian dari pembinaan siswa dan siswa wajib mengikuti.

Perayaan Paskah
Bagian dari pembinaan siswa dan siswa wajib mengikuti.

Celebration Day
Diakhir Semester II diadakan Celebration Day sebagai puncak pembelajaran pada semester tersebut.

Presentasi Siswa
Pada setiap akhir tengah semester dua, siswa TK B mempresentasikan hasil belajarnya kepada orang tua yang mengacu pada kecerdasan majemuk masing-masing siswa.

Hari Kemerdekaan, Kartini
Sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan akan cinta tanah air.

LAPORAN PERKEMBANGAN HASIL BELAJAR SISWA

PROGRAM KELAS MINGGUAN
Berisikan tentang kegiatan yang akan dilakukan setiap minggu melalui Google Classroom.

LAPORAN OBSERVASI
Berisi pengamatan guru kelas terhadap siswa dan diberikan pada setiap akhir minggu. Observasi ini bertujuan untuk memonitor sejauh mana siswa menanggapi proses pembelajaran.
Lembar observasi ini juga bertujuan sebagai jembatan komunikasi antara guru dan orang tua agar pembelajaran di rumah dan di sekolah berkesinambungan.
Laporan observasi dikirim lewat email siswa.

LAPORAN PERKEMBANGAN (TENGAH SEMESTER dan SEMESTER)
Merupakan laporan yang mengidentifikasi usaha siswa dalam proses pembelajaran.