SMART CLUB

Sejalan dengan penggunaan pendekatan Multiple Intelegences di Sekolah Athalia, maka selain beberapa ekstrakurikuler wajib yang telah dijalankan di Sekolah Dasar Athalia (Pramuka, Bahasa Mandarin, dan Musik) kami mengadakan beberapa Smart Club pilihan (tidak bersifat wajib) untuk siswa SD, SMP, dan SMA Athalia.

Smart Club ini bertujuan mengembangkan kecerdasan tertentu yang telah dimiliki siswa bersangkutan. Audisi/seleksi akan dilakukan untuk membantu siswa mengenali kecerdasan mereka, dan mengarahkan mereka untuk mengembangkan kecerdasan yang sesuai. Smart Club yang telah berjalan di Sekolah Athalia:

Sport Club
• Meliputi Volleyball Club, Futsal Club, Basketball Club, Tenis Meja, dan Catur.
• Sport Club ini diadakan untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik, logic,dan interpersonal siswa.

Concert Band

• Tujuan dari Smart Club ini adalah melatih kesabaran, ketekunan, dan kegigihan. Mengasah musikalitas, melatih kekompakan, dan melatih kepedulian. Mengembangkan apresiasi terhadap estetika.

Brass Band

• Kegiatan ini bertujuan mengembangkan kemampuan bermusik siswa secara berkelompok, melalui permainan alat musik tiup dan perkusi. Adapun alat musik yang dipelajari di smart club Brass Band adalah Saxophone Alto dan Tenor, Bariton Horn, Trompet, Trombon sligh, france horn, klarinet, flute, dan drum set.

Fotografi

• Kegiatan ini diselenggarakan untuk mewadahi kreatifitas siswa dalam mengekspresikan dan mengkomunikasikan kejadian atau pemikiran siswa tentang kehidupan dan lingkungan mereka.

Hal tersebut di atas diharapkan tercapai melalui belajar untuk mengabadikan sesuatu dalam bentuk gambar dengan prinsip dasar fotografi yang baik.

Klub fotografi juga menjadi tempat melatih siswa untuk memiliki kesabaran, ketekunan, ketelitian, kreatifitas, bekerja dengan konsep, sistematis serta apresiasi terhadap seni dan estetika.

Akhirnya, klub fotografi juga diharapkan menjadi sarana bagi siswa untuk mengagumi ciptaan Tuhan dan belajar menceritakan kebesaran Tuhan melalui gambar.

Tari

• Kegiatan ini memiliki tujuan melatih kecerdasan kinestesik siswa, memupuk kecintaan terhadap budaya bangsa, melestarikan dan mengembangkannya.

Tata Boga

• Melatih keterampilan siswa dalam mengolah makanan.

Clay Art

• Membuat miniatur barang di sekitar kita, pengontrolan emosi, kreativitas, melibatkan konsentrasi yang cukup tinggi dan yang melibatkan pengekspresian diri siswa.

Science Experiment

• Sistem belajar dengan cara yang fun dan no books, games only, yang artinya belajar melalui permainan dan peragaan percobaan sains.

Handicraft

• Melatih kreatifitas dan keterampilan siswa dengan membuat prakarya atau produk-produk kerajinan tangan

Be Sociable, Share!
Athalia Magazine